Pergub 39 Th 2012 (SIMDA)

Kamis, 04 September 2014

Administrator

Kebijakan

Dibaca: 56 kali

Peraturan Gubernur No. 39 Tahun 2012 tentang Sistem Informasi Manjemen Daerah (SIMDA)

Sistem Informasi Manajemen Daerah yang selanjutnya disingkat SIMDA adalah sistem informasi manajemen yang mencakup seluruh subsistem informasi yang mendukung kebutuhan informasi yang terintegrasi secara baik sesuai dengan strata informasi yang ditentukan untuk menunjang proses pengambilan keputusan oleh Pejabat Pemerintah Daerah.

Asas, Maksud dan Tujuan
Pasal 2

Perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SIMDAdilakukan berdasarkan asas sebagai berikut :

  1. asas pengelolaan tersebar (distributed processing), artinya pembangunan SIMDA dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan oleh setiap SKPD/UKPD yang terintegrasi;
  2. asas kewenangan khusus simpul jaringan artinya setiap simpul jaringan diberikan kewenangan khusus sesuai dengan klasifikasi informasi yang ditangani;
  3. asas eliminasi duplikasi (duplicating elimination), artinya duplikasi pengelolaan informasi harus diupayakan sekecil mungkin;
  4. asas pembakuan antarmuka (interface standardization principle) artinya dalam pengelolaan informasi perlu ada pembakuan komunikasi antar simpul sehingga mempermudah pemanfaatan teknologi secara optimal;
  5. asas prioritas perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SIMDA, artinya setiap SKPD/UKPD dalam melaksanakan perencanaan dan pengadaan perangkat keras, perangkat lunak, jaringan dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi harus sesuai dengan prioritas pengembangan RITIK yang menjadi tanggung jawab Diskominfomas; dan
  6. asas pemanfaatan data SIMDA, artinya setiap SKPD/UKPD dapat memanfaatkan data SIMDA dengan pengendalian Diskominfomas.

Pasal 3
Peraturan Gubernur ini dimaksudkan sebagai pedoman dan landasan hukum bagi perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SIMDA yang terintegrasi.

Pasal 4
Tujuan SIMDA sebagai berikut :

  1. tersedianya informasi pemerintahan yang faktual, akurat, mudah diakses dan dapat dipertanggungjawabkan;
  2. terwujudnya SIMDA yang terintegrasi, komprehensif dan berkelanjutan sesuai dengan RITIK yang menjadi kewenangan Diskominfomas; dan
  3. terwujudnya integrasi data penyelenggaraan Pemerintah Daerah dari seluruh SKPD/UKPD dalam rangka pemberian pelayanan data dan informasi Pemerintah Daerah.

selengkapnya (download disini.).

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas

    Pencarian



    semua agenda

    Agenda

    semua rekom

    Rekomendasi

    semua download

    Download

    Jajak Pendapat

    Siapakah Gunernur Pilihan Anda
    Ahok - Jarot
    Anies - Sandiago
    Agus - Sylvie

    Lihat