DISKOMINFO PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

IT Lead, Regulator, Integrator, CMS, WAN and POSTEL

Pergub 39 Th 2012 (SIMDA)

Kamis, 04 September 2014

Administrator, Kebijakan, Dibaca: 184 kali

Peraturan Gubernur No. 39 Tahun 2012 tentang Sistem Informasi Manjemen Daerah (SIMDA)

Sistem Informasi Manajemen Daerah yang selanjutnya disingkat SIMDA adalah sistem informasi manajemen yang mencakup seluruh subsistem informasi yang mendukung kebutuhan informasi yang terintegrasi secara baik sesuai dengan strata informasi yang ditentukan untuk menunjang proses pengambilan keputusan oleh Pejabat Pemerintah Daerah.

Asas, Maksud dan Tujuan
Pasal 2

Perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SIMDAdilakukan berdasarkan asas sebagai berikut :

  1. asas pengelolaan tersebar (distributed processing), artinya pembangunan SIMDA dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan oleh setiap SKPD/UKPD yang terintegrasi;
  2. asas kewenangan khusus simpul jaringan artinya setiap simpul jaringan diberikan kewenangan khusus sesuai dengan klasifikasi informasi yang ditangani;
  3. asas eliminasi duplikasi (duplicating elimination), artinya duplikasi pengelolaan informasi harus diupayakan sekecil mungkin;
  4. asas pembakuan antarmuka (interface standardization principle) artinya dalam pengelolaan informasi perlu ada pembakuan komunikasi antar simpul sehingga mempermudah pemanfaatan teknologi secara optimal;
  5. asas prioritas perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SIMDA, artinya setiap SKPD/UKPD dalam melaksanakan perencanaan dan pengadaan perangkat keras, perangkat lunak, jaringan dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi harus sesuai dengan prioritas pengembangan RITIK yang menjadi tanggung jawab Diskominfomas; dan
  6. asas pemanfaatan data SIMDA, artinya setiap SKPD/UKPD dapat memanfaatkan data SIMDA dengan pengendalian Diskominfomas.

Pasal 3
Peraturan Gubernur ini dimaksudkan sebagai pedoman dan landasan hukum bagi perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SIMDA yang terintegrasi.

Pasal 4
Tujuan SIMDA sebagai berikut :

  1. tersedianya informasi pemerintahan yang faktual, akurat, mudah diakses dan dapat dipertanggungjawabkan;
  2. terwujudnya SIMDA yang terintegrasi, komprehensif dan berkelanjutan sesuai dengan RITIK yang menjadi kewenangan Diskominfomas; dan
  3. terwujudnya integrasi data penyelenggaraan Pemerintah Daerah dari seluruh SKPD/UKPD dalam rangka pemberian pelayanan data dan informasi Pemerintah Daerah.

selengkapnya (download disini.).


Berita Terkait


    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas

    Populer

    Pergub 142 Tahun 2013

    Dibaca: 463 kali

    RPJMD TIK 2013-2017

    Dibaca: 306 kali

    Proses PEGI

    Dibaca: 288 kali

    Jajak Pendapat

    Puaskah Anda dengan layanan Kami?
    Sangat Puas
    Puas
    Kurang Puas
    Tidak Puas

    Lihat

    Featured Videos

    Posted by Admin in video on

    Lurah dan Camat Jakarta Barat Ikuti Bimbingan Teknologi Informasi

    Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur pemerintah di Kota Administrasi Jakarta Barat, khususnya lurah dan camat dalam pengoperasian perangkat komputer, Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan setempat melakukan bimbingan teknologi informasi (TI), Rabu (10/4). 

    Posted by Admin in video on

    Diskominfomas DKI Gelar Lomba Foto Bertema Jakarta Baru

    Banner

    Pengunjung



      Pengunjung hari ini :
      Total pengunjung : 135666

      Hits hari ini :
      Total hits : 330802

      Pengunjung Online : 0

    © 2016-2017 Diskominfomas Pemprov DKI Jakarta
    IT Leader and Author of Government DKI Jakarta.

    Design by DoubleTo.