Amanat Pergub 39/2012

 

BAB III
KEDUDUKAN DAN TUGAS SKPD/UKPD

Bagian Kedua

Diskominfomas
Pasal 8

  1. Sekretaris Daerah bertanggung jawab dalam kebijakan teknis dalam perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SIMDA yang dalam peiaksanaannya dilakukan oleh Diskominfomasyang berkedudukan dalam sebagai :
    1. penanggung jawab pengintegrasian SIMDA;
    2. pembina teknis SIMDA; dan
    3. pengguna SIMDA.
  2. Sebagai penanggung jawab teknis dalam pengintegrasian SIMDA sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a Diskominfomas mempunyai tugas :
    1. menyusun kebijakan rancang bangun RITIK;
    2. mengendalikan pelaksanaan RITIK oleh SKPD/UKPD;
    3. mendampingi dan konsultasi perencanaan, pembangunan, penggunaan dan pengembangan SIMDA oleh SKPD/UKPD termasuk dalam menyusun Kerangka Acuan Kerja;
    4. konsultasi pemeliharaan dan perawatan SIMDA oleh SKPD/UKPD;
    5. merencanakan, membangun, mengelola dan mengembangkan pusat data (data centre);
    6. melaksanakan pengawasan / audit l pengendalian dan penilaian teknologi informasi dan komunikasi pada SKPD/UKPD;
    7. menyusun standardisasi operasional prosedur Teknologi Informasi dan Komunikasi:
    8. menyusun standardisasi operasional prosedur SIMDA;
    9. melaksanakan fungsi administrator utama dalam pelaksanaan SIMDA;
    10. melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi pengintegrasian Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam RITIK;
    11. melaporkan perkembangan implementasi RITIK oleh SKPD/UKPD kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah; dan
    12. melaporkan kondisi eksisting RITIK kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah.
  3. Sebagai pembina teknis SIMDA sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b Diskominfomas mempunyai tugas :
    1. menyusun standardisasi pertukaran data;
    2. mengatur aliran pertukaran data antar SKPD/UKPD;
    3. melaksanakan supervisi data dan informasi;
    4. menyajikan data dan informasi sesuai dengan data dan informasi dari SKPD/UKPD:
    5. mengeluarkan persetujuan prinsip pelaksanaan usulan kegiatan Teknologi Informasi dan Komunikasi/SIM dar; SKPD;
    6. melaksanakan koordinasi perencanaan penganggaran kegiatan Teknologi Informasi dan Komunikasi/SIM oleh SKPD/UKPD;
    7. mengelola Bank Data Daerah;
    8. melaksanakan pengelolaan keamanan data;
    9. melaksanakan pengelolaan recovery data;
    10. melaksanakan otorisasi SIMDA;
    11. menghimpun hak cipta atas pembangunan dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
    12. menghimpun source code dari SKPD/UKPD; 
    13. melaksanakan pembinaan sumber daya manusia fungsional pranata komputer;
    14. meminta kepemilikan source code dari pihak ketiga yang membangun Sistem Informasi dan Komunikasi;
    15. mengembangkan jaringan dan koneklifilas;
    16. sebagai SKPD PDT dan PPJ; dan
    17. melaporkan kegiatan dan hasil pembinaan teknis SIMDA kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah.
  4. Sebagai pengguna SIMDA sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c Diskominfomas mempunyai tugas :
    1. meminta data dan informasi dari SKPD/UKPD;
    2. mengakses data dan informasi dari SKPD/UKPD sesuai dengan tugas dan fungsinya;
    3. menginput data dan informasi sesuai dengan tugas dan fungsinya;
    4. mengolah data dan informasi sesuai dengan tugas dan fungsinya; dan
    5. mengupdate, verifikasi dan validasi data dan informasi.
  5. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), ayat (3) dan ayat (4) Diskominfomas dapat mengikutsertakan SKPD/UKPD terkait dan/atau pihak ketiga yang berkompeten.

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua rekom

Rekomendasi

semua download

Download

Jajak Pendapat

Siapakah Gunernur Pilihan Anda
Ahok - Jarot
Anies - Sandiago
Agus - Sylvie

Lihat